Breaking News
Loading...
Loading...
Oct 22, 2010

Aksi Protes Siswa Tibet Di China

Aksi protes siswa Tibet di CHina mengenai hak mereka untuk belajar dalam bahasa mereka, telah meluas ke beberapa wilayah.

Kelompok Free Tibet di London mengatakan, ribuan siswa yang melaukan aksi damai itu rata-rata berusia 20-an tahun. Mereka menuntut agar proses belajar mengajar di sekolah itu mengguankan bahasa asli Tibet. Kelompok pegiat Tibet ini juga menyatakan aksi protes juga terjadi di Guolo, Provinsi Qinghai hari Kamis 21/10/2010.

Pada hari Rabu lalu Ribuan siswa berunjuk rasa di Provinsi Qinghai dan hari sebelumnya, massa melakukan aksi damai di Tongren. Aksi demo berlangsung menyusul laporan yang belum diketahui kebenarannya mengenai rencana menghentikan penggunaan bahasa Tibet dalam pelajaran di kelas untuk digantikan dengan bahasa Cina.

Provinsi Qinghai adalah tempat banyak etnik Tibet tinggal dan pernah menjadi tempat kerusuhan anti-Cina tahun 2008.”Kami menginginkan kebebasan menggunakan bahasa Tibet.

mi menginginkan kebebasan menggunakan bahasa Tibet," kata Free Tibet.

Surat kabat Global Times melaporkan aksi protes oleh "siswa yang kebanyakan mengenakan seragam sekolah" di Gonghe berlangsung damai.

"Ketertiban dapat dipulihkan dengan cepat pada hari yang sama," kata seorang saksi mata.

Pihak berwenang mengatakan mempromosikan Cina di kalangan etnik lain dapat membantu warga masyarakat untuk menyatu dengan mayoritas penduduk.

Namun banyak orang Tibet mengeluh bahwa budaya mereka disisihkan dan menyatakan ini bagian kampanye Cina untuk memperkuat kendali kekuasaan atas wilayah terpencil di kawasan Himalaya itu
Kutipan - Tribunnews.com

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top