Breaking News
Loading...
Loading...
Nov 1, 2011

Foto-foto Mata-mata Rusia Yang Ditangkap FBI

Biro Investigasi Federal (FBI) AS merilis rekaman video dan foto-foto mata-mata Rusia. FBI mengungkapkan telah menangkap 10 agen Rusia di AS tahun lalu. Kejadian ini mengingatkan kembali akan kisah perang dingin beberapa dekade lalu.



Rilis video dan foto-foto mata-mata Rusia ini meramaikan media di AS. Situs Washington Post menulis mata-mata tetangga dari Rusia sudah lenyap tapi tak terlupakan. Bagian paling menarik tentu saja saat rekaman menunjukkan mata-mata terkenal si sexy spy Anna Chapman.




Dalam salah satu video tampak kegiatan Anna Chapman, pada Juni 2010 saat ia mengunjungi sebuah cafe di New York. Waktu itu Anna berusaha meminta pertolongan soal komputer kepada seseorang yang ditemui di cafe itu. Namun Anna tak tahu bahwa orang yang menolongnya adalah agen FBI yang menyamar, bahkan pertemuan itu direkam secara diam-diam.




"Agen FBI itu sangat meyakinkan sampai si Anna Chapman menyerahkan laptop rahasianya kepada agen yang menyamar itu," ujar Frank Figliuzzi, salah satu pejabat counter-intelligence FBI dikutip CBS News, Senin (31/10/2011).

Chapman juga terpantau FBI saat tengah berbelanja celana ketat, topi dan perhiasan di sebuah toko saat agen Rusia itu melangkah ke luar.

FBI juga mengamati gerak-gerik melalui kamera perekam saat dua agen Rusia, Richard Murphy dan Mike Zottoli bertemu di sebuah jalan di wilayah Broklin.

Video pengintaian FBI itu memperlihatkan kerja keras organisasi itu selama sepuluh tahun yang disebut sebagai Cerita Hantu (Ghost Stories). Ghost Stories adalah kisah video FBI melacak 10 mata-mata Rusia yang menyusup ke masyarakat AS.

Dalam video dan foto-foto lain tampak adegan transaksi baik yang diduga dokumen-dokumen rahasia maupun uang dari para agen Rusia itu. Mata-mata Rusia bertujuan memasuki pusat kekuasaan AS untuk mendapatkan informasi intelijen terkini soal kebijakan-kebijakan AS.

Tidak disebutkan jelas apakah mereka berhasil mencuri informasi tertentu. Namun saat para mata-mata itu makin mendekat, FBI membuyarkan operasi rahasia mereka sumber:tribunnews.com


0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top