Breaking News
Loading...
Loading...
Dec 8, 2010

The Champion of Autoblackthrough 2010

FOCUS-GLOBAL.tk - Usai sudah perhelatan pamungkas Autoblackthrough 2010. Seri empat kota kontes modifikasi mobil yang dimulai dari Surabaya, Yogyakarta, dan Medan akhirnya berlabuh di Jakarta dalam satu event bertajuk Final Battle Autoblackthrough 2010 (4-5/12). Keluar sebagai the Champion of Autoblackthrough 2010 ialah Sendi dengan ubahan ekstrim Honda Genio menjadi mobil listrik sport yang diberi nama SKEV1 (Signal Kastem Electric Vehicle 1).

Sendi keluar sebagai the Champion menyingkirkan 4 King Nominee lain yaitu Toyota Innova Autotech, Renault 18 TL A Salvo, Honda Jazz Freedom, dan VW Type 1 Kupu-Kupu Malam yang tak lain adalah pemegang gelar the Champion of Autoblackthrough 2009.

The Champion of Autoblackthrough 2010  




Dinobatkannya SKEV1 Sendi bukanlah tanpa alasan mendasar. Mobil yang show off pertama kali di ajang Final Battle ini tampil memukau bersama LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk mengembangkan sebuah tenaga penggerak jadi seratus persen menggunakan tenaga listrik. Mobil ini sudah menggunakan baterai Lithium yang dipakai untuk menggerakkan motor listrik. Untuk baterai yang dipakai merupakan Lithium terbaru yang memakai teknologi nano jadi kemampuan energy densitifnya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan baterai basah (litesit). Satu kali charge atau isi ulang tenaga listrik bisa dilakukan hanya dalam waktu satu jam guna menempuh jarak sejauh 160 hingga 200 km.

"Keunggulan lain dari mobil ini ialah menggunakan regeneratif braking jadi kalau saat melalui jalan menurun, mobil akan secara otomatis mengisi baterai," imbuh Abdul Hapid, salah satu anggota tim dari LIPI yang turut mensuplai tenaga gerak mobil ini. Menyelaraskan mesin listriknya dipasanglah transmisi manual 5 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga hingg 52 Hp dan torsi 156 Nm berikut kecepatan maksimum di angka 6500 rpm.

Untuk ubahan body SKEV1, Sendi menyerahkan mobil ini kepada sang ahli yaitu Andre dari Signal Kastem Bandung. Kombinasi bahan baja, logam dan karbon begitu membuat SKEV1 nampak aerodinamis. Mobil ini menggunakan rangka kastem blueprint serta struktur tubular space frame dari baja setebal 4 mm. Untuk bagian-bagiannya dari mulai kap mesin dan fender menggunakan bahan logam ukir (metal crafted) serta beberapa unsur karbon. Total panjang mobil ini ialah 390,5 cm, lebar 260 cm, sementara tinggi sudah mencapai 96,83 cm. Pada interiornya, mobil ini juga dihias unsur karbon dengan dashboard komplit yang dapat menunjukkan kapasitas baterai, voltase baterai, kecepatan motor, odo meter, cycle analys, spy glass, dan juga GPS serta kamera pandang belakang keluaran Alpine.

Untuk urusan audio, SKEV1 ditangani oleh AudioPro yang menjejali mobil ini dengan perangkat audio full Alpine yang memang disuplai langsung oleh Alpine secara cuma-cuma. Spek rincinya ialah headunit Alpine IVA-W502E, 5 buah monitor Alpine TME-S370, 4 buah subwoofer Alpine SWR-1042, 2set Alpine SPR17S, 2 buah amplifier Alpine PDX-F6 dan dua buah amplifier Alpine M12. Sederet keistimewaan inilah yang membuat juri dari NCCA menganugrahkan gelar the Champion of Autoblackthrough 2010 dan berhak membawa pulang grand prize senilai Rp 200 Juta.

Dari arena Dyno Attraction, mencuat nama Michael dengan Nissan GTR yang mampu mempertajam hasil yang diukirnya sendiri dari 553,3 Hp menjadi 559,9 Hp di dua hari perhelatan Dyno Attraction. Angka ini membuat Michael didaulat jadi pemenang the Power Champion sekaligus menjadi catatan rekor tertinggi selama perhelatan Dyno Attraction Autoblackthrough di tahun 2010.

Untuk arena Black Out Loud, nama-nama bengkel audio besar sudah menghiasi deretan juara. Mereka adalah Obe dari Castello Audio yang jadi juara pertama SQ kelas 15 Juta Amatir, Arief dengan Toyota Yaris (Audio Plus) menjadi juara pertama SQ kelas 30 Juta, Andreyawan (The One) dengan Nissan Livina menjadi jura pertama SQ kelas 65 Juta sementara Handry (Harapan) dengan Ford Escape berhasil menjadi juara pertama SQ di kelas FFA Analog.

Selanjutnya muncul nama Iwan dari Spectral yang berhasil menjadi juara pertama SQ Kelas SQ FFA Processor. Di kategori SQL 2 Sub Class, juara pertama diraih Andre Wang (Autotech) sementara SQL 4 Sub Class diraih Bill dari Idola Audio. Untuk tempat pertama SPL 7,5 Juta berhasil diraih Ronald dengan Toyota Avanza sementara tempat pertama SLP 15 Juta diraih Yanto hasil garapan Ronald Audio. Jika kamu tertantang untuk menjadi bagian dalam kontes modifikasi ini, segeralah siapkan dirimu dan nantikan perhelatan Autoblackthrough 2011.

Jangan lupa bagi kamu yang sudah mengunjungi Final Battle kemarin, juga diberikan kesempatan untuk anda mengikuti ajang Autoblackthrough Photo Contest yang berlangsung mulai dari tanggal 4 - 19 Desember 2010. Cukup dengan mengupload foto yang anda ambil di venue dan ajak teman-teman anda untuk memberikan voting sebanyak-banyaknya agar foto anda terpilih sebagai pemenang. Blackberry ONYX, Blackberry Gemini dan iPod NANO menanti anda, so tunggu apa lagi klik www.blackxperience.com/abt-photocontest untuk info lebih lanjut. [mot/www.blackxperience.com]

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top