Indonesia Marketing Competition
DEPOK, - Indonesia Marketing Competition (Imotion) 2010 yang diprakarsai oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) sudah memasuki babak final, Kamis (11/11/2010). Final lomba debat ini akan diadakan di Student Center Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, antara tim UI melawan Insititut Manajemen Telkom.Imotion merupakan acara tahunan yang digelar FEUI berupa Marketing Debate Competition dan Marketing Plan yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tahun ini, bekerjasama dengan Kompas.com, Imotion 2010 mengusung tema "Measuring The Effects of CSR on Consumer Behavior".
"Ada empat tim universitas yang masuk semifinal Marketing Debate Competition yaitu Institut Pertanian Bogor, Institut Manajemen Telkom, Universitas Indonesia, dan London School Public Relation," ujar Nanda, Panitia Imotion 2010 ditemui saat menggelar semifinal lomba tersebut, Rabu (10/11/2010), di Jakarta.
UI dan IM Telkom Adu Debat di FEUI
Sementara untuk Marketing Plan ada lima peserta yang keluar sebagai finalis, yaitu Universitas Jenderal Sudirman, UI, Universitas Pelita Harapan, Swiss German University, dan Sekolah Tinggi Manajemen Business Telkom. Nanda menambahkan, ada tiga kriteria dalam penilaian, yang pertama Matter sebesar 50 persen, yaitu bagaimana bobot materi disampaikan, pemaparan argumentasi dan fakta-fakta yang ada.
Penilaian kedua Manner atau cara penyampaian pendapat kepada audiens dan dewan juri dengan bobot nilai sebesar 20 persen, sedangkan penilaian ketiga, Method, yaitu menilai alur debat dengan bobot nilai sebesar 30 persen.
"Setiap peserta akan diberikan 10 tema satu hari sebelum kompetisi dimulai dan kemudian saat kompetisi dimulai tema itu akan diundi dan ditentukan tim mana yang pro dan kontra terhadap satu tema tersebut," ucap Nanda.
Nuravira, anggota tim Insitut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, meskipun tidak masuk final, tim IPB sudah cukup puas bisa lolos sampai tahap semifinal. Menurut dia, satu hal tersulit dalam kompetisi debat adalah cara memaparkan fakta-fakta yang benar dan pemahaman dari konsep.
"Persiapan hanya dilakukan seminggu sebelum kompetisi dimulai," ujarnya.
Babak Final
Setelah melalui perdebatan yang cukup menegangkan, akhirnya tim UI dan Institut Manajemen Telkom memasuki babak final. UI diwakili oleh Iki Sari Dewi, Ekky Gompa Simanjuntak, dan Roderick Sibarani.
"Persiapan yang kami lakukan hanya mempelajari materi dan membaca buku-buku tentang marketing," ujar Ekky.
Menurut dia, hal tersulit dalam pertandingan debat adalah mengembangkan kasus dan dikemas dalam waktu singkat yaitu empat menit. Dia bilang, modal utama dalam pertandingan debat adalah enjoy.
"Saat pertandingan dibawa enjoy saja, apa yang kita debatkan jangan dibawa beban, karena kalau terbeban semua yang ada di pikiran akan buyar," tandas Iki, yang berharap timnya bisa keluar sebagai pemenang.
Sementara itu, Institut Manajemen Telkom diwakili oleh Novy Vembriana Elizabeth, Desti Nirmalita, dan Indra Aditia. Desti mengatakan, timnya hanya melakukan persiapan selama seminggu. Dia mengaku, kendala yang dihadapi adalah penguasan materi yang harus dikuasai sebelum lomba dimulai dan terjebak oleh persepsi sendiri.
"Modal utama dalam pertandingan ini adalah rasa percaya diri yang tinggi akan tema yang disampaikan dan cara mempertahankan argumentasi meski ditepis oleh tim lawan," tandas Desti, mahasiswi semester lima Jurusan Manajemen Institut Manajemen Telkom ini.
Desti dan kawan-kawannya mengaku senang bisa memasuki babak final. Ia juga berharap keluar sebagai pemenang, seperti tahun lalu yang sukses memboyong Imotion 2009.
0 Leave Your Comment :
Post a Comment
Thanks you for your visit please leave your Comment