Breaking News
Loading...
Loading...
Nov 1, 2011

Hal-Hal Non-teknis yang Buat Karyawan Disukai Atasan

Disukai atasan karena performa kerja yang baik adalah hal yang diharapkan semua karyawan. Namun, faktor-faktor non-teknis ternyata juga bisa membuat seorang karyawan disukai atasannya. Beberapa hal itu mencakup perilaku dan kebiasaan karyawan saat di kantor.
 Dok. Thinkstock

Simak beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda mendapatkan perhatian dari atasan yang tentunya akan memperlancar karir Anda, seperti dikutip dari She Knows.

1. Jangan Berhenti Belajar
Tidak ada batasan kapan seseorang harus berhenti belajar atau mengejar pendidikan. Mungkin Anda sudah mendapatkan cukup pendidikan dari sekolah atau program pelatihan hingga akhirnya bisa mendapat pekerjaan. Tapi tak ada salahnya jika Anda kembali mengikuti pendidikan tambahan untuk meningkatkan kemampuan yang bisa menambah performa kerja.

Ikutilah program-program pelatihan singkat atau seminar yang diadakan kantor. Kalaupun tidak dibiayai kantor, Anda bisa membayarnya sendiri. Toh, itu juga untuk kebaikan dan kesuksesan karir Anda nantinya. Dengan rajin mengikuti pelatihan, atasan akan melihat Anda sebagai karyawan yang mau berkembang bersama perusahaan. Bukan tidak mungkin, atasan akan mempertimbangkan Anda sebagai karyawan yang bisa diandalkan.

2. Kenakan Pakaian Terbaik
Tampillah sebaik dan seprofesional mungkin saat berada di lingkungan kantor, baik itu perusahaan konsultan atau kreatif. Hindari mengenakan celana atau atasan yang kucel dan dekil, atau blouse yang kusut. Jika Anda tampil profesional di kantor, terlihat bersih dan terawat, atasan akan tahu kalau Anda bisa jadi orang yang diandalkan untuk merepresentasikan citra perusahaan. Kenakanlah pakaian yang rapi dan bersih setiap pergi bekerja. Dengan tampil secara profesional, otomatis Anda juga akan bertingkah lebih profesional.

3. Meja Kerja Selalu Rapi
Penampilan meja kerja juga tak kalah pentingnya dalam menarik perhatian bos. Mungkin atasan Anda tidak akan memperhatikan barang-barang apa saja yang ada di atas meja kerja Anda. Tapi jika setiap dia lewat di tempat Anda, dan selalu mendapati tumpukan barang dan kertas-kertas berserakan, dia bisa saja beranggapan Anda orang yang tidak teratur, jorok, ceroboh dan kurang sigap. Sediakan waktu minimal 10 menit sebelum pulang kantor, untuk membereskan meja Anda. Kebiasaan ini juga akan membantu meningkatkan kemampuan Anda mengorganisir hal-hal lainnya, termasuk pekerjaan.

4. Tepat Waktu
Kesan yang akan timbul pada karyawan yang selalu terlambat ke kantor atau saat meeting di mata bosnya, adalah tidak sopan dan tidak menghargai pekerjaan. Karyawan yang selalu terlambat akan dianggap memiliki kemampuan manajemen waktu yang rendah dan tidak disiplin.

Jika ingin menyenangkan bos Anda, pastikan selalu datang tepat waktu. Tidak hanya saat datang ke kantor, tapi juga meeting dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan (seminar, training, dan sebagainya). Akan lebih baik jika Anda bisa datang 10 menit lebih awal. Jika keadaan memaksa Anda untuk datang terlambat, informasikan kepada atasan beritahukan alasannya dengan jelas. Jika selalu datang tepat waktu, maka Anda akan jadi seseorang yang dipercaya untuk melakukan tugas dengan baik. Anda pun akan mempunyai kesempatan besar untuk promosi, naik gaji atau tugas pekerjaan baru yang menarik.

5. Bersedia Membantu
Tunjukkan kepada atasan, bahwa Anda siap membantunya bila ia perlukan. Mengetahui bahwa Anda dapat diandalkan akan membantu atasan Anda merasa lebih nyaman. Membuktikan diri melalui pekerjaan-pekerjaan kecil yang dia berikan akan membantu Anda disukai dan dihargai sebagai bawahan.
Sumber:Wolipop.com


0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top