Breaking News
Loading...
Loading...
May 30, 2011

Sekolah Kuliner,Kursus Kuliner Fovorite

FOCUS-GLOBAL.CO.CC - At-Sunrice Sekolah Kuliner Terbaik Sejak munculnya program pencarian bakat bidang kuliner di Amerika Serikat (AS), yaitu Master Chef, masyarakat dunia semakin mengerti tentang profesi satu ini. Profesi chef kini menjadi hobi dan pekerjaan yang terbukti menjanjikan.

Beberapa nama chef Indonesia yang mendadak menjelma menjadi kaum selebritas juga menjadi daya tarik orang-orang untuk segera beralih mempelajari ilmu kuliner. Sekolah-sekolah kuliner kini berlomba mencetak para chef handal. Sekolah-sekolah itu berusaha menunjukkan, bahwa sekolah mereka yang terbaik di antara sekolah lainnya. Untuk itu, kini para calon siswa juga harus selektif memilih dengan cara mencari tahu siapa pemilik sekolah, apa saja fasilitasnya, dan hal-hal lain yang menjamin lulusan sekolah tersebut berkualitas dan terjamin masa depannya.

Salah satu sekolah yang bisa dipelajari adalah At-Sunrice Academy. Sekolah kuliner yang berkantor di Singapura ini didirikan oleh Chef Christopher Megel. Ia adalah mantan Chef Ritz Carlton Hotel di Singapura dan Jepang yang telah banyak mendapatkan penghargaan di bidang kuliner. Penghargaan-penghargaan yang diraihnya antara lain memenangkan kompetisi Master Chef Perancis tahun 2007, meraih gelar kebangsawanan tertinggi dari Pemerintah Perancis pada 2008, Lifetime Achievement Award dari Media Singapura tahun 2009, serta penghargaan di bidang Manajemen Chef pada 2010 (International Management Action Award).

Selain didirikan oleh CEO yang sudah terkenal dengan perjalanan karir di bidang kuliner, sekolah ini juga menawarkan fasilitas pendidikan yang lengkap. Salah satu adalah 6 laboratorium khusus terdiri dari culinary lab, pastry bakery, Food and Beverage Service, Coffee and Tea, Wine and Spirits, dan lab komputer.

"Kami sengaja pisahkan antara teh dan kopi, serta wine dalam lab yang berbeda, agar saat mencicipi wine, teh, kopi, aromanya tidak tercampur dengan aroma dari makanan atau minuman lain," ungkap Megel saat Media Preview At-Sunrice Academy di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Minggu (29/5/2011).

Sertifikat yang dimiliki sekolah ini juga berbeda. Pada 2009, At-Sunrice mendapat penghargaan NCI (National CET Instritute) khusus bidang kuliner dari pemerintah Singapura. Dengan penghargaan ini, lulusan At-Sunrice mendapatkan akses untuk gelar diploma yang diakui secara nasional.

Sekolah ini juga memiliki sertifikat SQC, WSQ, dan Edutrust. WSQ memungkinkan lulusan At-Sunrice mendapatkan gaji yang sama persis dengan gaji seorang chef di Singapura meskipun bekerja di Indonesia atau negara lain. Sedangkan Edutrust merupakan izin resmi dari pemerintahan Singapura yang diberikan kepada institusi pendidikan. Dari 800 institusi, hanya 160 yang mendapat izin resmi dari Pemerintahan Singapura, salah satunya At-Sunrice.

Peraturan Pemerintah Singapura sangat ketat mengenai pelajar Internasional di Singapura, yakni tidak diizinkan bekerja, baik full time ataupun part time. Khusus bagi At-Sunrice, sekolah kuliner ini mendapatkan izin resmi dari pemerintahan Singapura di bawah naungan WDA (Badan Tenaga Kerja Singapura).

Tak heran, At-Sunrice menerima siswa dari berbagai Negara. Siswa yang berasal dari Asia-Pasifik di antaranya berasal dari Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Nepal, Myanmar, India, Sri Lanka, Bhutan, China, Jepang, Korea Selatan, serta Australia. Dari Eropa, siswa datang dari Negara Perancis, Jerman, Italy, dan Turki. Sedangkan dari benua Amerika siswa datang dari AS, Kanada, Peru, Meksiko, Kolombia, Panama, Bohamias, dan Jamaica.

Untuk penerimaan siswa dari Indonesia, At-Sunrice bekerja sama dengan Universal, konsultan studi luar negeri. Universal merupakan perusahaan yang mewakili lebih dari 300 institusi di 9 Negara dengan layanan konseling, penterjemahan data akademik, pengurusan studi, visa, akomodasi, orientasi, serta penjemputan di Negara tujuan. Universal saat ini berkantor di 6 kota besar, yakni Jakarta, Medan, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Semarang sumber -Kompas.com

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top