Breaking News
Loading...
Loading...
Oct 9, 2010

29 Truk NATO Ludes Dibakar

Pria bersenjata, Sabtu (9/10), membakar sedikitnya 29 truk NATO di Pakistan barat daya, yang merupakan serangan keenam dalam seminggu saat kaum militan Islam terus menyasar rute pasokan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) ke Afganistan.

Dua petugas polisi terluka dalam serangan di daerah Mitri yang terpencil, sekitar 180 kilometer di tenggara Quetta, ibu kota Provinsi Baluchistan, yang kaya minyak dan gas alam yang berbatasan dengan Iran dan Afganistan. "Sekitar 30 orang bersenjata menyerang truk-truk tangki itu, yang diparkir di luar sebuah hotel di pinggir jalan dan melepaskan tembakan pada Sabtu pagi. Aksi itu melukai dua pejabat polisi setempat," kata Abdul Mateen, pejabat senior pemerintah di Mitri, kepada AFP.

Dia mengatakan, api melalap habis 29 truk tangki tersebut. Pemerintah daerah setempat, katanya, telah memanggil petugas pemadam kebakaran dari kota terdekat, Sibbi, untuk memadamkan api. "Kami dapat mengetahui kerugiannya hanya setelah api dapat dikendalikan." Mateen mengatakan, truk-truk itu, yang sedang dalam perjalanan ke Afganistan berhenti di Mitri sejak semalam.

Sekretaris Daerah Baluchistan, Akbar Durrani, mengonfirmasikan insiden itu dan mengatakan bahwa api telah memusnahkan 29 truk tersebut.

Abdul Qadir, seorang karyawan hotel di pinggir jalan itu, mengatakan kepada AFP, "Saya cepat tertidur dan terbangun karena suara tembakan yang intens. Ketika saya keluar, saya melihat sekelompok orang bersenjata memberi peringatan kepada karyawan lain dan pengemudi kendaraan untuk menjauh. Tembakan itu begitu intens sehingga memicu kebakaran besar yang melanda semua truk yang diparkir di depan hotel," kata Qadir.

Sejauh ini, tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru itu, yang terjadi hanya tiga hari setelah militan membakar lebih dari 40 truk tangki NATO dan kontainer di kota Nowshera di barat laut dan di Quetta di barat daya. Militan Taliban telah melancarkan lima serangan terhadap kendaraan pasokan NATO di Pakistan dalam seminggu terakhir sebagai balas dendam atas gelombang baru serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat yang menyasar Taliban dan militan Al-Qaeda di barat laut negara itu.
Kompas.com

Subscribe to me on FriendFeed

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top