Breaking News
Loading...
Loading...
Sep 17, 2010

Intel Hadirkan Prosesor untuk Mobil Atom seri E600

Pada ajang Intel Developer Forum, Intel meluncurkan platform Queens Bay, yang ditujukan untuk sistem infotainment di kendaraan, media phone, perangkat otomatisasi, dan perangkat terintegrasi lainnya.

Platform baru itu terdiri atas 8 mikroprosesor terintegrasi dari Atom E600 series dan Platform Controller Hub EG20T.

Setiap mikroprosesor Atom E600, di dalamnya terdapat satu core prosesor, kontroler memori, kontroler grafis 2D dan 3D, video encoder dan decoder, kontroler display, HD audio, PCI Express, serta dukungan untuk antarmuka lainnya.

“Teknologi SoC pada prosesor mendukung 3D, kemampuan encoding H.264 high-definition untuk penggunaan 'sync-and-go' antar perangkat consumer elektronic dan perangkat portabel yang terhubung,” kata Doug Davis, Vice President, General Manager, Embedded and Communications Group, pada keterangannya, Jumat 17 September 2010.




Tergantung model yang digunakan, core prosesor pada Atom E600 bekerja mulai dari kecepatan 600MHz, 1000MHz, 1300MHz atau 1600MHz. Untuk setiap kecepatan, Intel menyediakan dua versi yakni yang menggunakan daya hingga menghasilkan temperatur tertentu saat bekerja.

Prosesor-prosesor itu memiliki cache sebesar 32KB untuk instruksi dan 24KB (data), serta 512KB bagi cache level 2. Meski mendukung SIMD Extensions hingga SSE3, prosesor ini tidak memiliki set instruksi 64-bit. Meski demikian, fitur HyperThreading dan virtualisasi telah disediakan.

Davis menyebutkan, SoC (Silicon on Chip) ini dilengkapi dengan fungsi manajemen daya yang pintar sehingga dapat secara otomatis mematikan bagian dari chip yang tidak dipakai.

Untuk menghemat daya, pada Atom E600 tersedia fitur Enhanced SpeedStep dan Deep Powerdown. Ini membuat konsumsi listrik prosesor hanya mencapai 2,7 sampai 3,9 watt. Adapun prosesor dengan kemasan FC-BGA ini dijual mulai dari US$19 hingga US$85 per 1.000 unit pembelian. (art)
• VIVAnews

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top