Breaking News
Loading...
Loading...
Nov 28, 2012

Ini Dia 10 Hal yang Harus Dimiliki Oleh Perusahaan Agar Karyawan Betah

ruang kerja kantor
image: rumahmalangan.com
Banyaknya perusahaan yang berkembang dan bermunculan di kota-kota besar di Indonesia, menunjukkan berkembangnya sektor perekonomian negara. Namun, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun suatu perusahaan dan membuat suasana bekerja menjadi nyaman bagi para pekerjanya.

Sebab, banyak karyawan yang menghabiskan waktu di kantor setiap harinya, jadi sudah seharusnya lingkungan kantor merupakan tempat yang nyaman, sehat dan menyenangkan bagi pekerjanya. Kira-kira hal apa saja yang penting dimiliki perusahaan? Intip di sini, seperti dikutip dari Times of India.

1. Penerangan yang Alami
Meskipun setiap perusahaan banyak menggunakan pencahayaan dari lampu, namun pencahayaan alami yang berasal dari luar ruangan dapat memberikan suasana nyaman yang berbeda. Ruangan kerja yang memiliki pencahayaan yang cukup akan membuat pekerjanya terhindar dari masalah penglihatan.

2. Toilet yang Bersih
Tak sedikit kantor yang masih kurang peduli terhadap kebersihan toilet. Padahal, toilet yang bersih dan nyaman merupakan aspek penting bagi para pekerjanya.

image: rumahmalangan.com
3. Suhu Udara yang Baik
Buatlah temperatur udara yang nyaman untuk bekerja. AC yang terlalu dingin atau panas akan berakibat kurang baik terhadap kesehatan. Pastikan jika perusahaan atau ruangan kantor Anda memiliki jendela. Sebab, apabila listrik turun atau padam, ruangan kantor akan tetap mendapatkan sirkulasi udara dan juga pencahayaan dari luar ruangan.

4. Penghijauan
Tanaman hijau ataupun tumbuhan dapat menciptakan kesegaran bagi tampilan dan tata ruang kantor, dan juga dapat memberikan udara yang segar karena dapat menghasilkan oksigen. Namun, pastikan agar tanaman yang Anda pilih merupakan tanaman yang dapat hidup di dalam ruangan ber-AC.

5. Games
Dengan tingginya tekanan pekerjaan, ada baiknya untuk menyediakan papan permainan, TV, ataupun sarana untuk berolahraga. Jika perusahaan Anda memiliki tanah yang cukup luas, tak ada salahnya dijadikan sebagai lapangan berolahraga. Pikiran fresh, performa bekerja pun kembali optimal.

6. Bermain Warna
Sedikit sentuhan warna akan memberikan efek yang berbeda pada suasana ruangan. Pilihlah warna yang dapat membangkitkan suasana kerja, namun pastikan agar warna yang dipilih tidak terlalu ramai dan tertata harmonis. Warna yang muda atau terang dapat dipilih untuk menciptakan efek tenang pada ruangan yang memerlukan ketenangan seperti ruang rapat, dan lain sebagainya.

7. Wallpaper atau Wall Art
Penggunaan wallpaper ataupun wall art dapat memberikan sentuhan yang lebih ceria dan hidup pada ruangan kerja. Tentunya membosankan melihat ruangan dengan tembok yang terlalu polos. Buatlah ruangan kerja Anda lebih menyenangkan dengan menghiasi meja kerja dengan hal-hal yang Anda senangi. Hal ini penting agar suasana kerja dapat menjadi lebih seru.

8. Air Minum yang Sehat
Air minum yang tercemar ataupun tidak terjaga kebersihannya dapat menghasilkan beragam penyakit. Pastikan air mineral yang disediakan di kantor bersih dan sehat agar kesehatan para karyawan terjamin.

9. Refreshment
Kebanyakan perusahaan menyediakan teh dan kopi di pantry untuk karyawan mereka. Hal ini dilakukan agar mencegah mereka sering pergi keluar untuk sekadar tea time ataupun coffee break, dan juga membuat para pekerja lebih santai dan rileks dalam bekerja.

10. Emergency Exit dan P3K
P3K, emergency exit, fire alarm dibutuhkan untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya kecelakaan pada perusahaan Anda sumber
Follow Our Twitters

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top