Breaking News
Loading...
Loading...
Nov 7, 2012

5 Langkah Awal Atasi Serangan Jantung

Serangan jantung atau infark koroner pada umumnya terjadi tiba-tiba dan sangat mengancam nyawa penderitanya. Karenanya, semakin cepat bantuan diberikan, semakin besar kemungkinan terselamatkan dari kematian.

tip Atasi Serangan Jantung,trik Atasi Serangan Jantung,cara Atasi Serangan Jantung
xamthone.name:image
Dilansir ahajournals.org, Dr Joseph Ornato dari University of Virginia mengungkapkan hampir setengah pasien serangan jantung meninggal karena serangan tiba-tiba dan pasien tidak berhasil dibawa ke rumah sakit.

Mempelajari tanda-tanda serangan dan apa langkah yang harus diambil dapat menyelamatkan nyawa. Nah, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar selamat dari serangan jantung.

Kenali awal serangan
Gejala klasik dari serangan jantung akut adalah tekanan atau nyeri yang intens di dada dan seringkali menjalar ke rahang atau lengan kiri. Biasanya juga disertai dengan keluar banyak keringat dingin atau rasa ketakutan yang mencekam.
Terkadang rasa tak nyaman yang dirasakan relatif ringan dan dialami di punggung, perut, bahu, atau lengan. Tiba-tiba, penderita mengalami sesak napas, mual dan muntah, atau hanya rasa mulas. Gejala yang tidak umum ini lebih sering dialami wanita.

Jangan panik
Jika memiliki riwayat masalah jantung, bawalah obat resep dokter dan aspirin setiap saat. Jika menggunakan tabung oksigen, selalu bawa agar tak sulit mencari.
Bawa juga kartu di dompet yang berisi daftar obat yang diresepkan dan obat yang menyebabkan alergi untuk membantu tim medis memberikan penanganan. Jangan lupa selalu membawa ponsel agar mudah memanggil bantuan.

Cepat minum aspirin
Sambil menunggu bantuan datang, kunyahlah aspirin (162 mg - 325 mg) untuk membantu mencegah pembekuan darah lebih lanjut. Aspirin yang dikunyah lebih cepat masuk dalam aliran darah daripada aspirin yang diminum. Aspirin biasa lebih manjur dibanding enterik berlapis atau buffered aspirin. Sebisa mungkin, hancurkan tablet sebelum ditelan.

Usahakan untuk tidak menyia-nyiakan waktu
Waktu 1 jam sampai 90 menit sejak terkena serangan jantung sampai perjalanan ke rumah sakit diharapkan masih bisa memberikan pertolongan kepada orang yang terkena serangan jantung itu.
Waktu 1 jam dianggap kritis karena berdasarkan pengalaman dokter yang menangani pasien serangan jantung, kebanyakan orang tidak tertolong pada 1 jam pertama serangan jantung. Rata-rata pasien serangan jantung meninggal karena keterlambatan pertolongan, beratnya serangan yang terjadi dan masalah kemampuan pasien untuk operasi

Berikan udara cukup
Berikan udara yang cukup. Yang sering terjadi adalah, ketika serangan jantung terjadi di tempat umum, korban akan segera dikerubuti oleh orang-orang yang ingin melihat dari dekat. Ini adalah hal yang salah, segera singkirkan kerumunan tersebut, untuk memberikan udara segar bagi korban.

Hentikan aktivitas dan tetap tenang
Jika tidak bisa mendapat bantuan medis dengan cepat, cobalah untuk tetap tenang, hentikan segala aktifitas dan jangan lakukan banyak gerakan. Banyak bergerak dapat memperburuk kerusakan tubuh akibat serangan jantung.

Jika bisa bertahan dari serangan jantung, patuhi saran dokter untuk pemulihan. Perawatan jangka pendek penting untuk meminimalkan kerusakan. Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi risiko komplikasi lebih lanjut atau serangan jantung kedua sumber
Follow Our Twitters

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top