Breaking News
Loading...
Loading...
Oct 7, 2010

Inilah Tiga Ilmuwan Penerima Anugerah Nobel Kimia

STOCKHOLM - Nobel Kimia tahun ini dianugerahkan kepada tiga orang ilmuwan beda negara. Ketiganya dianggap berhak atas hadiah Nobel karena berhasil membuka jalan untuk pengobatan kanker dan memperbaharui materi plastik.

Satu ilmuwan, Richard Heck berasal dari AS, sedangkan dua ilmuwan lainnya, Ei-Ichi Negishi dan Akira Suzuki berasal dari Jepang. Mereka disebut-sebut cukup berjasa dibidang kimia organik, bidang yang mengurusi masalah karbon, salah satu atom terpenting dalam kehidupan.

"Sangat penting bagi kami untuk menghargai penemuan mereka yang cukup signifikan dalam penelitian akademis, riset, dan dalam produksi kimia dasar, termasuk farmasi, pertanian, dan materi berteknologi tinggi. Penemuan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat," papar Royal Swedish Academy, seperti dikutip melalui Straits Times, Kamis (7/10/2010).

Heck, yang kini berusia 79 tahun merupakan profesor di University of Delaware, AS. Sedangkan Negshi, yang berusia 75 tahun saat ini mengajar di Perdue University. Terakhir, Suzuki yang berusia 80 tahun, mengajar di Hokkaido University, Jepang.

Ketiga ilmuwan itu berhasil mengembangkan proses yang dikenal sebagai rangkaian silang palladium-catalysed. Proses ini memungkinkan karbon atom yang ada dirangkaikan bersamaan sehingga membentuk kerangka molekul organik yang stabil. Perangkat ini memiliki aplikasi di dunia medis, elektronik dan pertanian.

Proses ini memungkinkan ilmuwan mengumpulkan senyawa untuk memerangi kanker usus besar, virus herpes dan HIV.

Mereka juga menemukan teknologi plastik cerdas yang dapat digunakan untuk aplikasi konsumen, seperti sebuah monitor komputer ultratipis.
http://techno.okezone.com/read/2010/10/06/56/379893/tiga-ilmuwan-berbagi-nobel-kimia

Subscribe to me on FriendFeed

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top