Breaking News
Loading...
Loading...
Dec 10, 2012

Google Peringati Ulang Tahun Programer Komputer

ultah programmer
google
Programmer - Google turut memperingati ulang tahun Ada Lovelace ke-197 dengan menampilkannya di Google Doodle hari ini. Siapakah dia?
Jika Anda mengakses Google saat ini, akan tampak terlihat gambar seorang perempuan yang sedang duduk dengan dikelilingi rumus matematika dan aneka perangkat komputer pada tampilan Google Doodle. Ya, hari ini Google sedang merayakan ulang tahun Ada Lovelace, sosok perempuan yang hadir di Google Doodle tersebut.

Ada Lovelace, yang memiliki nama Augusta Ada King Byron, dilahirkan di London, Inggris, 10 Desember 1815. Ia dikenal sebagai seorang ahli matematika dan salah satu programer komputer pertama di dunia.
Lovelace adalah putri tunggal dari seorang penyair romantik ternama Inggris, Lord Byron. Namun karena pernikahan singkat antara sang ibunda Annabella dan Byron, Lovelace tidak sempat mengenal sosok ayahnya.

Sejak kecil, Lovelace memang dilatih oleh ibunya untuk sering menggunakan otak kirinya. Hal itu didukung dengan kegemarannya terhadap bidang matematika. Saat berusia 17 tahun, kemampuan Lovelace dalam bidang tersebut mulai terlihat.
Salah satu gurunya, Augustus De Morgan, sampai meminta kepada sang ibunda agar putrinya lebih diarahkan ke bidang tersebut karena De Morgan melihat ada bakat istimewa dalam diri Lovelace.
Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi titik awal berkembangnya karir Lovelace. Babbage adalah matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram.

Lovelace tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Lovelace. Bahkan Babbage memberikan julukan The Enchantress of Numbers pada Lovelace. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama.
Lovelace kemudian membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage yang bernama Analytical Engine. Dalam hal ini, peran besarnya adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia.

Ia juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan software, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada Lovelace dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.
Sayangnya, Lovelace tidak dapat melanjutkan pengembangannya seputar dunia komputer. Kanker rahim dan pendarahan yang mendera telah merengut nyawanya. Ia meninggal dalam usia 36 tahun pada 27 November 1852.

Atas kontribusinya, pada tahun 1980, Departemen Pertahanan AS menamai bahasa pemrograman komputernya dengan nama 'Ada' sebagai penghormatan pada Ada Lovelace. Tak hanya itu, British Computer Society pada 2008 rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan secara rutin tiap tahunnya dan menamai medalinya dengan nama 'Ada'.

Bahkan setiap pertengahan bulan Oktober, digelar acara 'Ada Lovelace Day', yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan kaum perempuan dalam bidang sains dan teknologi sumber
Follow Our Twitters

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top