Breaking News
Loading...
Loading...
Oct 1, 2012

Cara Keluar dari Jerat Tagihan Kartu Kredit

Sebagian besar orang sepakat bahwa kita harus memenuhi kewajiban tepat waktu. Sayangnya, ada saatnya Anda terkadang tak bisa memenuhi seluruh kewajiban, termasuk dalam hal pembayaran tagihan.

Cara Keluar dari Jerat Tagihan Kartu Kredit,visa,master card,kartu credit,citybank,bca,danamon,debit card
pasarpasir789.com
Jika khawatir dengan tagihan kartu kredit, Anda masih memiliki sejumlah jalan keluar. Namun, akan lebih baik jika Anda telah mempersiapkan apa yang akan terjadi dengan pembayaran tagihan yang terlambat, serta apa yang terjadi dengan kondisi keuangan Anda.

Dikutip dari laman financialhighway, berikut adalah empat langkah yang bisa dipertimbangkan ketika menghadapi tunggakan tagihan kartu kredit:

Pertama: Evaluasi situasi

Apakah Anda pernah mengalami kejatuhan sementara? Mungkin, Anda pernah menghadapi kejadian tak terduga yang membuat kondisi keuangan kering. Beruntung, Anda bisa kembali membaik dalam waktu singkat.

Di pihak lain, mungkin saja ada masyarakat yang mengalami kesulitan lebih parah dan membutuhkan waktu lama untuk membaik. Kehilangan pekerjaan, contohnya.

Dari dua ilustrasi itu, cara Anda menghadapi kewajiban (tagihan) yang harus dipenuhi, tergantung periodisasi dari kondisi keuangan Anda. Serta kapan Anda bisa kembali seperti kondisi semula.

Selanjutnya, lihat kondisi keuangan Anda dari sumber-sumber lain. Apakah Anda memiliki dana darurat yang bisa membantu keluar dari masalah?
Apakah ada pengeluaran yang bisa dipangkas. Bahkan, jika berencana mencari jalan keluar lewat pertolongan orang lain, Anda membutuhkan rencana matang untuk memenuhi kewajiban tagihan Anda.

Mengetahui situasi di sekeliling Anda akan membantu kreditor dan pihak lain bekerja sama dengan Anda.

Kedua: Hubungi perusahaan penerbit kartu kredit

Jika tak mampu membayar tagihan, Anda harus menghubungi perusahaan secepat mungkin. Ini langkah yang tepat, jika Anda sadar takkan mampu memenuhi pembayaran tagihan dalam jangka panjang.

Hubungi perusahaan penerbit kartu kredit dan cari tahu apakah ada alternatif jalan keluar lain. Jika Anda cepat menghubungi mereka, ada kemungkinan kreditor bisa membuat rencana penyelesaian kewajiban dan alternatif jalan keluar lain.

Jelaskan kondisi Anda dan apa yang dilakukan untuk membuatnya lebih baik. Jadi, perusahaan penerbit kartu kredit bisa memiliki ide untuk menjawab langkah-langkah yang telah Anda rancang.

Ketiga: Buat prioritas tagihan

Untuk sebagian orang, pembayaran lebih dari satu tagihan adalah kemunduran pengelolaan keuangan terbesar. Dalam situasi seperti ini, memprioritaskan daftar tagihan Anda merupakan ide yang baik.

Walau demikian, Anda mungkin akan khawatir dengan kondisi kartu kredit, khususnya pada tagihan-tagihan yang harus segera dibayar. Jika Anda ingin mempertahankan rumah, tagihan pertama yang harus menjadi prioritas adalah pembayaran kredit pemilikan rumah (KPR).

Keempat: Cari lebih banyak pertolongan

Jika benar-benar telah berjuang untuk memenuhi seluruh kewajiban, Anda bisa mencari pertolongan di berbagai tempat. Teman dan keluarga mungkin bisa membantu Anda dengan cara yang berbeda-beda. Kendati tak memberikan bantuan dalam bentuk uang, Anda mungkin bisa mendapat pekerjaan tambahan misalnya dengan menjaga anak.

Di Amerika Serikat, biasanya ada sejumlah lembaga pemerintah dan yayasan sosial yang membantu Anda mendapatkan pertolongan.

Tak ada alasan untuk menderita dengan hanya berdiam diri, dibandingkan dengan Anda menghubungi kreditor dan membuat keluarga Anda tahu jenis bantuan yang dibutuhkan. (art)

sumber berita © VIVA.co.id 
Follow Our Twitters

0 Leave Your Comment :

Post a Comment

Thanks you for your visit please leave your Comment

Back To Top